Disdukcapil Kebumen Mengikuti Penilaian PEKPPP via Zoom Meeting
Disdukcapil Kebumen Mengikuti Penilaian PEKPPP via Zoom Meeting
Kebumen – Rabu (14/09), Lembaga yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melalui Tim Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penyelenggara Pelayanan Publik dan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen untuk melaksanakan penilaian pelayanan publik.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kebumen merupakan salah satu OPD yang menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat Kabupaten Kebumen. Dipimpin oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kebumen, Anna Ratnawati, S.KM., M.Si., Tim dari Disdukcapil Kabupaten Kebumen hadir untuk mengikuti acara secara virtual melalui Zoom Meeting.
Acara diawali dengan sambutan dari Tim PEKPPP. Ada beberapa aspek penting sebagai indikator penilaian terhadap penyelenggaran pelayanan publik, seperti kompetensi penyelenggara, sarana dan prasarana, standar pelayanan, persepsi maladministrasi, dan pengelolaan pengaduan. Hal ini dilaksanakan mengingat penilaian penyelenggaran publik merupakan salah satu upaya pencegahan maladministrasi. Penilaian kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif dimana menghasilkan opini pengawasan pelayanan publik yang dijadikan acuan peningkatan kualitas.
Opini publik dan penilaian dari PEKPPP menjadi salah satu pedoman penting bagi Disdukcapil Kabupaten Kebumen untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan adminduk demi memudahkan dan membahagiakan masyarakat Kabupaten Kebumen dalam mengurus dokumen kependudukannya. (A)