Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Disdukcapil Kabupaten Kebumen Gencarkan Inovasi Balada Pak-KIS
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Disdukcapil Kabupaten Kebumen Gencarkan Inovasi Balada Pak-KIS
Kebumen – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kebumen melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Balada Pak-KIS dengan BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Kebumen, Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas Perawatan se-Kabupaten Kebumen pada hari Rabu, 13 Juli 2022 di Ruang Jatijajar, Hotel Candisari Karanganyar, Kebumen.
Acara dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Kebumen, Dra. Ulfah Muswardani, M.M., Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Kebumen, Supriantoro, S.H., Perwakilan dari BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Kebumen, Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas Perawatan se-Kabupaten Kebumen.
Balada Pak-KIS (Bayi Lahir Mendapatkan Paket Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KIA dan KIS) adalah salah satu bentuk inovasi pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil Kabupaten Kebumen yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen yang memiliki produk JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat).
Inovasi ini hadir dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih membahagiakan bagi masyarakat, khususnya bagi orang tua dan bayi yang baru lahir. Orang tua bayi tidak perlu repot untuk mengurus dokumen kependudukannya ke Disdukcapil Kabupaten Kebumen karena dalam prosesnya di instansi kesehatan tempat kelahiran, akan dibantu oleh petugas fasilitas kesehatan dalam pengurusan dokumen kependudukannya.
Bayi yang baru lahir bisa langsung mendapatkan dokumen kependudukan berupa Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas Anak yang diterbitkan oleh Disdukcapil Kabupaten Kebumen, serta KIS yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Kebumen.
Implementasi program inovasi ini membuat Disdukcapil Kabupaten Kebumen terus melakukan upaya agar pelayanan administrasi kependudukan semakin optimal dan semakin membahagiakan masyarakat Kebumen. Salah satunya dengan pertemuan rutin agar koordinasi antara Disdukcapil Kabupaten Kebumen dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Kebumen serta intansi kesehatan se-Kabupaten Kebumen tetap terjaga. Sistem yang saling terintegrasi ini membuat pelayanan menjadi lebih cepat karena langsung terhubung dan masyarakat juga akan semakin mudah dalam mengurus administrasi kependudukannya. (A)